Dodi-Thia Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

  • Bagikan

SEKAYU – Musi Banyuasin tak pernah berhenti melakukan inovasi dan kontribusi besar terhadap masyarakat, kali ini atas komitmennya terhadap pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga di Bumi Serasan Sekate, Bupati Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin beserta Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza meraih penghargaan tingkat nasional yakni Penghargaan Manggala Karya Kencana yang disematkan secara langsung oleh Kepala BKKBN RI, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) di Opproom Pemkab Muba, Selasa (1/9/2020).

Penghargaan keduanya tersebut merujuk pada Petikan Keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) nomor: 15/KEP/G2/2019 dan nomor: 137/KEP/G2/2020 Tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana Tahun 2020.

“Pada kesempatan ini kami atas nama BKKBN pusat, menganugerahkan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana, yang merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah Kabupaten,” ungkap Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo.

Hasto menyebutkan, ada beberapa indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Salah satunya adalah total fertility rate atau TFR yang terhitung bagus.

“Muba ini termasuk bagus dalam program KB, termasuk TFR nya atau total fertility ratenya. Ini yang saya katakan termasuk bagus, tinggal mempertahankan saja dan tinggal meningkatkan kualitasnya dan jangan putus, mulai dari Genre,” tegasnya.

Kepala BKKBN RI ini juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas inovasi Bupati Muba, menggandeng Bidan Desa dijadikan sebagai penyuluh KB dalam bentuk kesepakatan Mou diantara Dinas Keaehatan dan DPPKB. Ini merupakan inovasi pertama di Indonesia dan patut dijadikan contoh bagi daerah lainnya.

  •  
  •  
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan