Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi dan Audit Keamanan Informasi 

MUSI BANYUASIN, – Untuk meningkatkan pemahaman kepada Perangkat Daerah tentang pentingnya keamanan informasi menuju tata kelola pemerintahan yang baik, benar, transparan dan akuntabel, Pemkab Muba melalui Dinkominfo Muba menggelar Sosialisasi Keamanan Informasi dan Audit Keamanan Informasi tahun 2022, bertempat di Gedung Pusat Belajar Guru Pemkab Muba, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinkominfo Muba Hj Nurzahrawati SPd MT menyampaikan bahwa ketika penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dilaksanakan, maka ancaman keamanan harus diperhatikan, khususnya data yang tersimpan atau yang disampaikan.

Contoh yang sering terjadi adalah diubahnya latar depan website pemerintah dengan tampilan dan informasi yang lain/ deface.

Juga terjadinya pencurian dan perubahan data-data penting yang tersimpan di database, semuanya ini akibat sistem keamanan informasi yang masih kurang memadai.

“Peran persandian harus mampu memberikan jaminan keamanan di lingkungan pemerintah, tidak hanya menyangkut kerahasiaan informasi saja, tetapi pengendalian peningkatan kesadaran pentingnya pengelolaan keamanan informasi serta  sesuai Peraturan Presiden nomor  95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik,”jelasnya.

Dikatakan Nurzahrawati, yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan tanda tangan elektronik. Seluruh perangkat daerah dalam Pemkab Muba telah menggunakan tanda tangan elektronik melalui aplikasi srikandi.

Surat-surat dinas seperti  surat tugas, dan lain-lain telah ditandatangani secara elektronik.

-

Tinggalkan Balasan