Pemkab Muba Luncurkan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

MUSI BANYUASIN, – Upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Muba menggelar kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Pengarustamaan Gender (PUG) sekaligus Launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

Acara yang bertajuk “Dengan strategi pengarustamaan gender kita pastikan laki-laki dan perempuan memperoleh akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat yang adil pembangunan,

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi berlangsung di Gedung Dharma Wanita Sekayu, Rabu (09/11/2022).

Ada 11 desa yang di launching sebagai desa ramah perempuan dan peduli anak yaitu desa Teluk, Desa Lais, desa Kertayu, desa Ulak Kembang, Desa Panai, desa Sungai Angit, desa Mulyo Asih, desa Sumber Harum, desa Talang Mandung, desa Muara Merang.

Dalam arahannya, ia berharap kepada peserta Advokasi dan sosialisasi dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga mampu meningkatkan pemahaman kita semua akan pentingnya memasukkan analisis gender ke dalam perencanaan yang sudah ada sehingga pembangunan menjadi lebih efektif, akuntabel, dan adil dalam memberikan manfaat kepada perempuan dan laki-laki.

Dan, lanjutnya akan menghasilkan kebijakan publik yang lebih efektif dan mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk kabupaten Muba, baik laki-laki maupun perempuan.

“Kegiatan hari ini sangat penting sekali untuk meningkatkan pemahaman para pengambil keputusan tentang strategi pengarusutamaan gender dan instrumen perencanaan penganggaran yang responsif gender (PPRG) sebagai instrumen untuk mengatasi kesenjangan akses, kontrol dan manfaat pembangunan yang setara antara perempuan dan laki-laki.

-

Tinggalkan Balasan